Social Icons

-

Selasa, 26 Februari 2013

KEAJAIBAN HATI


Rosululloah bersabda: Sesungguhnya di dalam tubuh anak Adam terdapat segumpal daging, Jika ia baik maka baiklah tubuh ituseluruhnya, dan anggota anggota tubuh yang lain akan membuatnya baik, Ia adalah Hati,,.
Dari hadits di atas bisa di pahami, bahwa dalam tubuh manusia yang paling pokok adalah hati. Ia adalah pemimpimpin yang di patuhi dalam dunia tubuh. Anggota tubuh lainya hanyalah bagikan rakyat yang saling dukung mendukung.
MA'NA HATI,RUH, NAFSU dan AKAL.
Ma'na hati bisa di bagi menjadi 2 yaitu:
Pertama: Segumpal daging yang berbantuk pohon cemara yang treletak pada dada sebalah kiri. Di dalamnya terdapat rongga yang berisi darah hitam. Ini adalah sumber Ruh, daging ini dalam bentuknya yang seperti itu,,terdapat pula pada binatang dan orang orang yang sudah mati.
Kedua : luthf robbani rudhoni, yang ,memiliki kaitan dengan daging ini. luthf robbani ini mengenal Alloh SWT. Ia mengetahui apa yang tidak di capai khayalan pikiran. Ia merupakan khakekat manusia. Inilah yang di ajak bicara. Terhadap ma'na ini di tunjukan dengan firman Alloh:
Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat peringatan bagi orang orang yang memiliki ihati. ( QS. Qof 50;37 ). Kalau yang di maksud ayat ini adalah hati yang berbentuk pohon cemara, maka itu terdapat pada diri setiap orang.
Jika kita telah mengetahui hal ini, maka perlu kita ketahui bahwa kaitan luthf dengan Daging yang berbentu pohon cemara adalah hubungan yang tidak jelas, tidak dapat di jelaskan,melainkan bergantung pada kesaksian (Musyaahadah )dan penyingkspan ( Al 'Iyaan ). Berarati dapat di sebutkan bahwa Ia seperti Raja sedangkan dagingnya ibarat negeri atau kerajaan, karena kalau hubunganya bersifat kebetulan, maka tidak sesuai dengan ma'na ayat : Sesungguhnya Alloh membatasi antara manusia dan hatinya. ( QS Al Anfaal 8;24 )
RUH
Ruh juga memilki dua ma'na yaitu:
Pertama : Ruh dalam dalam pengertian Biologi, yaitu benda halus yang bersumber dari darah hitam di dalam rongga hati yang berupa daging berbentuk pohon cemara. Benda halus ini tersebar memlalui pembuluh nadi dan pembuluh balik pada bagian seluruh tubuh. Benda halus ini seumpama lampu di dalam sebuah rumah yang menerangi seluruh sudut rumah. Itulah yang di maksudkan para Dokter dentan nama Ruh ( nyawa ) .
Kedua : luthf Robbani, yang merupakan khakekat hati.
Ruh dan hati saling bergantian mengacu pada luthf tersebut dalam satu keteraturan. Hal ini di tunjukan dalam Firman Alloh:
Dan mereka bertanya kepadamu tentang Ruh, katakanlah," Ruh itu termasuk urasan Tuhanku " ( QS Al Isro' 17; 85 ).
NAFSU
Nafsu juga memiliki ma'na yaitu:
Ma'na yang mencakup kekuatan marah, Syahwat dan sifat sifat tercela.
Inilah yang di maksud sabda Nabi SAW: Sesungguhnya musuh yang paling utama adalah Nafsumu yang terletak di antara dua
lambungmu. Dan inilah yang kita di perintahkan untuk memerangi dan mematahkanya.

Yaitu salah satu ma'na Ruh, Hati dan juga Nafsu. Ruh dan Hati berkaitan denga luthf itu . Itu merupakan khakikat manusia yang membedakanya dari Binatang. Apabila luthf itu menjadi suci, dan Agung karena Dzikir kepada Alloh SWT,Maka ia akan mampu menghapus noda noda Syahwat dan sifat sifat tercela.